Sabtu, 21 Agustus 2010

BSS 2010...Clear !!!

Akhirnya BSS angkatan 2010 Universitas Hasanuddin selesai !!. Empat hari menempuh masa pengenalan terhadap dunia kampus dan metode yang diberikan oleh sejumlah dosen yang dianggap cukup ahli dalam membawakan materi yang akan diberikan, membuat para mahasiswa baru ini tetap bersemangat untuk memulai kuliah yang dilaksanakan perdana tanggal 23 Agustus mendatang. Secara pribadi saya mengucapkan selamat datang bagi mahasiswa baru Unhas 2010, terutama jurusan agribisnis ..hehehe. Saya sungguh memberikan apresiasi yang tinggi terhadap mahasiswa baru angkatan 2010. Mengapa? Karena jumlah mereka bertambah banyak dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 50an orang, sekarang membengkak menjadi 90an orang. Ini menunjukkan minat yang semakin meningkat dari tahun sebelumnya.
 
BSS atau singkatan dari Basic Study Skill memberikan beberapa cara/konsep/metode kepada mahasiswa baru bagaimana menghadapi ketat nya dunia kampus. Sistem belajar Andragogi (pembelajaran orang dewasa) menjadi salah satu bahan BSS tahun ini. Bahan ini diberikan kepada mahasiswa baru agar tidak lagi berpikiran seperti seorang anak SMA. Pembelajaran ini menunjukkan bahwa pemikiran SMA sudah tidak berlaku lagi di tingkat Universitas. Mahasiswa diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan sistem kampus yang lebih kompleks ketimbang di SMA. Selain itu, pembelajaran andragogi menuntut untuk seseorang bersikap mandiri tanpa rasa ketergantungan dengan siapapun. Mampu memanajemen diri sehingga tidak akan merepotkan diri sendiri dan orang lain.
Tahun ini saya ditunjuk sebagai pengawas BSS 2010, walaupun tidak 100% menghadiri seluruh rangkaian kegiatan . Asik sekali melihat wajah2 baru yang kebingungan en bertanya kesana kemari mana jadwal kuliah, dimana ruang kuliah, apa yang harus dilakukan selama dikampus, pakai baju apa...haaahhh. Tapi itu hal yang wajar...mana ada maba langsung tau seluk beluk kampus..ya nggak??? . sekali lagi selamat datang untuk mahasiswa baru. Semoga mampu beradaptasi dan berkompetensi dalam mencapai cita-cita...WELCOME TO WORLD CLASS UNIVERSITY !!
 

Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar